cara sharing koneksi internet melalui WIFI (adhoc)

Hidup ini indah apalagi bisa saling berbagi

Disini saya ingin berbagi bagaimana cara membagi koneksi internet melalui WiFi / jaringan wireless..dengan menggunakan modem USB (saya memakai SmartFren :lol: ) ok ikuti saja langkah berikut ini :

Langkah pertama yaitu melakukan seting pada komputer induk. Untuk bagian pertama ini kita masuk ke ke Network Connections, klik kanan pada koneksi wireless (WIFI) dan pilih Properties.


Selanjutnya pada panel properties tersebut, masuk ke tab menu Wireless Networks, dan buat koneksi baru dengan memilih Add

Isi Network name (SSID) sesuai dengan keinginan, hilangkan tanda centang pada The key is provided for me automatically (karena di sini kita akan menentukan sendiri network key-nya), dan isi Network key dengan angka atau huruf sebanyak 5 karakter, ulangi kode tersebut pada Confirm network key. Terakhir berikan tanda centang pada This is a computer-to-computer (ad hoc) network, wireless access point are not used. Jika sudah maka pada tab menu Wireless Network bagian Preferred networks akan bertambah satu network baru sesuai dengan yang baru saja kita buat di atas.

Langkah berikutnya masuk ke tab menu General dan pilih item Internet Protocol (TCP/IP), dilanjutkan dengan memilih Properties. Isi kolom IP address dengan 192.168.0.1 dan Subnet mask 255.255.255.0. Jika sudah simpan dengan memilih Ok.


Kembali ke Network Connections, kali ini kita pilih sumber koneksi yang kita gunakan (dalam contoh ini saya gunakan koneksi SmartFren), klik kanan pada koneksi tersebut dan pilih Properties.

Masuk ke tab menu Advanced, kemudian beri tanda centang pada Allow other network users to connect trough this computer’s internet connections. Sedangkan untuk Home networking connections, kita pilih koneksi wireless yang telah kita setup di atas (dalam contoh ini saya pilih Wireless Network Connections 2).

Sampai di sini proses setup komputer induk selesai, untuk memulai sharing koneksi, kita aktifkan dulu koneksi internet kita sesuai dengan sumber koneksi yang kita gunakan, kemudian pada panel Wireless Network Connections, kita pilih koneksi yang telah kita buat di atas.ini lah hasil yang sudah jadi di laptop saya (induk)


Selanjutnya, pada komputer atau perangkat client (disini saya menggunakan laptop juga untuk memakai jaringan wifi tadi), kita lakukan koneksi dengan komputer induk melalui WIFI, pilihWLAN Network yang telah kita buat di atas dan masukkan WEP key sesuai dengan key yang kita buat di atas (5 karakter)

Jika koneksi dengan komputer induk, maka koneksi WIFI pada panel Wireless Network Connections akan muncul notifikasi Connected, dan kita bisa mulai browsing dari komputer atau perangkat WIFI.

Hal ini berjalan lancar 100% sudah dicoba,menggunakan 2 buah laptop acer..

:lol: selamat mencoba, semoga bermanfaat :lol:

Artikel Lainnya :

About these ads

13 gagasan untuk “cara sharing koneksi internet melalui WIFI (adhoc)

  1. nanya mas.. itu modem usb mas kan pake smartfren zte.. dan itu kenapa terdaftar di list dial-up ya? sementara modem saya smartfren terdaftar di bagian lan 0r high speed internet. apakah sama aja?

    saya dah coba tapi coba detect pake bb belum terdetect. apa yang salah ya kira2?

  2. mas,kalo dari laptop k komputer di rumah gmn? laptop pake windows 7 dan komputer rumah pake windows xp..apakah masih bisa terhubung wireless nya? mohon bantuannya mas

  3. Gan…ane pake OS windows xp…aplikasi Ad Hoc….dan Ad Hoc/connectfy nya dah connect…tp di wireless network connection kok ada tulisan ” Not Connected ” padahal dah connect….mohon pencerahannya.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s